#2. RESUME Mengenai Identitas Nasional

March 26, 2018

Identitas bisa dikatakan merupakan ciri ciri atau sesuatu yang khas dari suatu bangsa yang dipandang oleh negara lain.

Kemudian Nasional Merupakan suatu ciri atau berupa identitas yang melekat pada kelompok yang lebih besar yang di ikat oleh kesamaan kesamaan, baik secara budaya, agama, dan bahasa maupun non-fisik, seperti keinginan, tujuan, dan harapan dari sebuah kelompok.

Kemudian dalam pengertian lainnya Identitas adalah, suatu gambaran yang diperoleh seseorang dari orang lain (objek nya), dan hal tersebut akan mempengaruhi tingkah laku orang tersebut terhadap orang lain baik yang dikenal nya atau tidak dikenalnya.

A. Hakikat Identitas Nasional

Bahwa hakikatnya identitas nasional kita sebagai bangsa bangsa di dalam hidup dan kehidupan berbangsa dan bernegara adalah Pancasila yang aktualisasinya tercermin dalam berbagai penataan kehidupan kita dalam arti luas, misalnya dalam Pembukaan beserta UUD kita, sistem pemerintahan yang diterapkan, nilai-nilai etik, moral, tradisi, bahasa, mitos, ideologi, dan lain sebagainya yang secara normative diterapkan di dalam pergaulan, baik dalam tataran nasional maupun internasional.

Ada beberapa jenis identitas yang dipandang menurut orang lain, yaitu :

1. Indentitas tanpa usaha yaitu sebuah identitas yang secara otomatis sudah melekat pada diri kita dan kita tidak berusaha sedikitpun untuk meningkatkan citra identitas kita lebih baik lagi dimata orang lain, misalnya Orang tersebut tidak banyak memiliki prestasi dan memiliki prilaku yang kurang baik, sehingga di mata orang lain pun akan kurang bagus.

2. Identitas dengan usaha, yaitu sebuah identitas yang diperjuangkan dengan baik agar mendapatkan citra lebih baik lagi dari sudut pandang orang lain, misalnya si A memiliki prestasi yang cukup banyak dan memiliki sikap yang baik, sehingga citra dirinya dimata orang lain pun bagus,

Selanjutnya, Apakah citra baik atau buruk kita pada orang lain yang sudah terbentuk bisa di dihilangkan atau bisa diubah 100 % ?

Maka jawaban nya tidak, karena jika kita berbuat baik atau buruk saat ini, dan di waktu waktu yang lalu kita memiliki kebaikan atau keburukan, maka kabaikan atau keburukan yang lalu akan tetap di ingat oleh orang lain, Hanya saja jika terjadi perubahan pada diri kita, yang misalnya dulunya males sekarang menjadi rajin, itu akan memperbaiki citra kita di mata orang lain.

Kembali pada Identitas Nasional, Pada hakihatnya Identitas Nasional kita adalah Pancasila, yang kemudian kita AKTUALISASI kan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, Aktualisasi ini bertujuan untuk menegakkan pancasila dan uud 45 sebagaimana dirumuskan dalam pembukaan uud 45 terutama alinea ke 4.

Kemudian yang menjadi perwujudan dari nilai nilai pancasila tersebut adalah Kebudayaan, Agama, Norma - Norma, Tata Krama dan lainnya yang melekat pada rakyat indonesia.

Selama ini kita dikenal memiliki banyak budaya yang baik dipandang oleh bangsa lain, namun akhir akhir ini kita lupa untuk melestarikan budaya kita sendiri yang telah turun menurun dilakukan, yang akhirnya membuat kebudayaan itu yang semakin kesini semakin punah.

Oleh karena itu, kita dihimbau untuk tetap menjaga dan melestarikan budaya indonesia agar tetap lestari hingga cucu dan generasi kedepan tetap mengenalnya.

loading...

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.
Konversi Code
Disqus
Silahkan Berkomentar Dengan