#8. RESUME Materi Geopolitik Nusantara

June 01, 2018
Pengertian Geopolitik
           
                  Pada intinya GEOPOLITIK Indonesia adalah Pengetahuan tentang seluk beluk terdalam mengenai Negara kesatuan republik Indonesia, baik pengetahuan tentang keberagaman suku, keberagaman bahasa, tentang pulau pulau, dan sebagainya, atau secara singkatnya GEOPOLITIK akan membahas tentang GEOGRAFI.

Geopolitik berasal dari dua kata, yaitu “geo” dan “politik“. Maka, Membicarakan pengertian geopolitik, tidak terlepas dari pembahasan mengenai masalah geografi dan politik. “Geo” artinya Bumi/Planet Bumi.

Jadi Geopolitik Indonesia adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya yang serba beragam dan bernilai strategis dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah dalam menyelenggarakan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara untuk mencapai tujuan nasional.

Lantas, Kenapa kita harus mempelajari GEOPOLITIK Indonesia ?

Kalau ditanya kenapa harus mengetahui, Maka JAWABANYA adalah karena kita rakyat Indonesia, Warga Negara Indonesia, maka sudah seharusnya kita mengetahui tentang Indonesia sebagai rasa perwujudan kita cinta tanah air.

Bisa diibaratkan Indonesia adalah keluarga kita, dan saya adalah bagian dari anggota keluarga, maka sudah seharusnya kita mengetahui anggota keluarga kita, kalau kita tidak mengenali anggota keluarga kita, kan bisa gawat, iya atau tidak ?

Namun hingga saat ini, banyak masyarakat Indonesia atau WNI tidak mengetahui tentang Indonesia, beberapa orang mengaku bahwa Indonesia ini terlalu beragam, sehingga sulit untuk memahaminya, ada juga yang berpendapat bahwa kita tidak wajib untuk mengetahui tentang Indonesia, lebih baik mempelajari ilmu yang lainnya, serta alas an lainnya.
Padahal sebagai warga Negara yang baik, sudah menjadi kewajiban untuk mengetahui seluk beluk terdalam mengenai negaranya, karena sebuah Negara adalah keluarga kita, yang wajib untuk diketahui.

Terimakasih kepada para pembaca, semoga bermanfaat
loading...

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.
Konversi Code
Disqus
Silahkan Berkomentar Dengan