#6. RESUME Lengkap Tentang Demokrasi indonesia

May 26, 2018
RESUME Lengkap Tentang Demokrasi indonesia

Bismillah, teman teman, indonesia merupakan salah satu negara dari sekian banyak negara di dunia yang menganut sistem demokrasi, dan berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai demokrasi

Secara Umum, Demokrasi adalah sebuah sistem pemerintahan yang dimana rakyat berhak memilih wakil wakil rakyatnya, atau yang dikenal dengan " dari rakyat, oleh rakyat, untuk rakyat, nampaknya semboyan itulah yang sangat melekat di negara indonesia.


  • Demokrasi berasal dari bahasa Yunani, yaitu demos yang artinya rakyat dan cratos yang artinya pemerintahan.


Sebagai contoh adalah dalam pemilihan ketua kelas atau penanggung jawab dalam sebuah kelas, dalam pemilihan ketua kelas dilakukan menggunakan metode voting, kemudian sebelum dilakukannya voting, para kandidat harus memaparkan visi dan misinya, apabila visi dan misi yang diberikan bagus dan bisa memikat hati rakyat, maka rakyat bisa memilih calon tersebut dan menjadikan ketua nya.

Selain itu ada yang namanya Faktor Agama, dimana masyarakat di indonesia mayoritas adalah muslim, maka peluang terbesar adalah calon pemimpin yang muslim (beragama islam), dan apabila calon tersebut beragama non muslim maka peluang akan menang dalam pemilihan akan kecil, kalau pun menang pasti memiliki visi dan misi yang bagus atau memiliki dukungan di banyak tempat.

Kemudian Biasanya dalam pemilihan calon pemimpin biasanya ada beberapa yang menjadi acuan dalam memilih pemimpin tersebut

1. Jika Belum Mengenali Sosok Pemimpin : Maka biasanya orang orang akan melihat penampilannya terlebih dahulu, bila calon pemimpin yang dilihatnya itu "kelihatannya mampu dan berkompeten " , maka biasanya orang orang akan memilih orang yang memiliki penampilan tersebut.

2. Dilihat dari Visi dan Misi : Disinilah mulai orang orang mulai mengenali siapa sosok pemimpin tersebut, misalnya mulai dari namanya, pendidikan nya, latar belakang keluarganya, dan tentunya mendengar visi misi yang telah di ucapkan oleh calon pemimpin tersebut, bila visi dan misi calon pemimpin tersebut bagus, maka biasanya orang orang akan memilihnya dan tidak memandang penampilannya lagi.

3. Faktor Agama : Seperti yang sudah saya tuliskan diatas, bahwa mayoritas agama terbesar di indonesia adalam muslim, maka peluang terbesar nya adalah pemimpin yang banyak dipilih adalah yang beragama islam, akan kecil sekali kemungkinan nya bahwa non muslim akan menjadi pemimpin dalam negara yang mayoritas islam.

Bentuk Bentuk Pemerintahan

1. Tirani

Adalah suatu bentuk pemerintahan dimana  pemerintahan berada di bawah kendali seseorang, dan digunakan bukan untuk kebaikan bersama tetapi untuk kepuasan dan kepentingan sendiri.

2. Monarki

Suatu bentuk pemerintahan dimana kekuasaan berada di tangan satu orang, yaitu raja/ kaisar/ ratu/ sulthan dan sejenisnya.

3. Aristokrasi

Suatu benyuk pemerintahan oleh kaum cerdik pandai dengan tujuan untuk kepentingan umum.

4. Mobokrasi

Bentuk pemerintahan dijalankan oleh banyak orang berasal dari rakyat jelata, tapi sesungguhnya tidak tahu apa-apa tentang pemerintahan.

5. Demokrasi

Bentuk pemerintahan dipegang oleh rakyat miskin (jelata). Dan kesalahan dalam menjalankannya, menurut Plato, akan membawa pemerintahan demokrasi jatuh pada anarkhi.

6. Oligarkhi

Bentuk pemerintahan dimana kekuasaan dipegang oleh sejumlah orang atau golongan hartawan. Dalam perjalanannya menurut Plato, oligarkhi akan melahirkan partikelir (swasta) yang menguasai banyak sumber-sumber kehidupan.


Kemudian dalam pemilihan umum, ada yang namanya golput, nah apa arti dari Golput ? 

Golput (Golongan Putih) merupakan seseorang yang tidak menyalurkan haknya untuk memilih salah satu pemimpin dalam sistem pemilihan umum, dan tahu kah anda, Golput ini sangat berpengaruh penting dalam menentukan hasil akhir dalam sebuah pemilihan umum, misalnya yang memilih untuk golput ada 200 orang dari total 10 ribu pemilih, maka dari seratus orang tersebut akan mempengaruhi bila hasil persaingan nya ketat.

Demokrasi Pancasila merupakan demokrasi yang ada di Indonesia bersumberkan pada nilai-nilai sosial budaya bangsa serta berazaskan musyawarah mufakat dengan memprioritaskan kepentingan seluruh msyarakat atau warga negara. Demokrasi pancasila fokus pada kepentingan dan aspirasi serta hati nurani rakyat. Sampai saat ini Indonesia menganut demokrasi pancasila yang bersumber pada falsafah pancasila.

Ya teman teman demikianlah materi tentang Demokrasi di Indonesia

Semoga Bermanfaat
loading...

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.
Konversi Code
Disqus
Silahkan Berkomentar Dengan